Saturday, April 26, 2008

refleksi irene x1-11

REFLEKSI

Seorang penjual nasi goreng pinggir jalan yang saling membantu dalam bekerja membuat saya berpikiran terbuka. Sering kali saya selisih paham dengan saudara saya namun saya sadar bahwa ketika saya mengalami kesulitan oranng yang selalu siap sedia membantu saya tanpa pamrih adalah keluarga. Keluarga saya selalu mendukung setiap langkah yang saya tempuh serta membantu saya ketika saya dalam kesulitan. Mulai sekarang saya akan berusaha mengalah jika terjadi selisih paham karena saya yakin keluarga lah yang paling penting dalam kehidupan setiap orang.


Mereka setia terhadap pekerjaan mereka, meskipun banyak duka yang mereka alami dalam menjalani pekerjaan tersebut. Begitupun dalam kehidupan saya, saya harus lebih berusaha dan pantang menyerah dalam menjalani kehidupan. Saya termasuk orang yang cepat bosan. Namun saya harus dapat meyakinkan diri saya sendiri bahwa saya dapat melakukan sesuatu dengan sungguh-sungguh dan serius tanpa pernah ada kata menyerah yang terlontar dari mulut saya karena saya yakin saya bisa melakukan sesuatu jika didasari oleh niat dan tekad yang kuat.

Saya termasuk orang yang berkecukupan namun sering kali saya mengeluh dan tidak puas dengan apa yang saya miliki. Saya kagum dengan bapak udin, bapak kiki dan bapak oong. Mereka termasuk golongan menengah kebawah namun mereka selalu bersyukur seberapa banyak penghasilan yang mereka dapat dalam satu hari, yang terkadang kurang memuaskan. Dengan sikap dan rasa ketidak puasan saya itu saya sadar bahwa masih ada orang yang lebih kekurangan dari pada saya. Sekarang saya juga harus lebih menghargai makanan karena sering kali saya tidak menghabiskan makanan saya. Saya menyadari bahwa masih banyak orang yang membutuhkan makanan, sedangkan saya yang diberi kesempatan untuk makan mengapa saya harus membuangnya?


Oleh karena itu tugas yang diberikan dalam mata pelajaran agama kali ini dapat lebih membuka hati saya karena saya dapat memandang hidup dari kacamata masyarakat umum yang kurang mampu dalam ekonominya. Sekian refleksi singkat dari hasil wawancara saya, saya berharap akan selalu bermanfaat dalam hudup saya dikemudian hari.