Friday, April 25, 2008

Wuenakkk...

"Mama, Mama...Panas ni...Pengen rujak buah di pojok situ..."

~ sejenak tapi enak ~



"Pak...Pak...Boleh ganggu sebentar ga? Saya mau wawancara Bapak..."

"Buat apa...?"

"Buat tugas sekolah Pak..."

"Yak, mau tanya apa...?"

"Itu Pak..." (pikir-pikir)



Hmm...Saya tidak menyangka akan mewawancarai Pak Tono...Ituloh...Yang berjualan pake kereta biru, di dalam keretanya ada macam-macam buah...Buahnya di dalam plastik...Dimakan dingin-dingin...(Waduh...Bikin ngiler ni...)...Hayo, apa profesinya?


Yap! Betul banget! Pak Tono itu adalah seorang pedagang rujak buah. Mangkalnya di salah satu tikungan ruko-ruko di Permata Buana.


Jam mangkal : 11.30 - 17.30


Hari mangkal : tiap hari dong...



1990...


Tahun di mana Pak Tono (43) mulai berjualan rujak buah (Saya belum lahir tuh..).


Asalnya Jawa Tengah, tapi beliau pindah ke Jakarta untuk mencari nafkah... Ia tinggal sendiri di Jakarta, sedangkan istri dan dua anaknya di Jawa Tengah...



"Sekarang tinggal di mana Pak...?"


"Saya tinggal di Bojong...Bojong Kampung situ..."


"Ohh...Tiap hari penghasilan Bapak berapa?"


"Kurang lebih Rp 30.000,- tiap hari..."


"Untuk kebutuhan sehari-hari cukup, Pak?"


"Ya dicukup-cukupin..."


Waaa...Bapak hebat juga, dapat bertahan dengan penghasilan Rp 30.000,- per hari...(dalam hati)...


Hmm...Tanya apa lagi ya...(bingung)...


.....


.....


.....


"Ya harus seneng dong..."



Ketika ditanya apakah Pak Tono senang dengan pekerjaannya, sebuah kalimat terucap...Bagi saya, kalimat tersebut sangatlah bermakna...


~ " Ya harus seneng dong..." ~


Itulah kata yang terucap oleh Pak Tono...Berdengung di telinga saya...



Mmm...Tapi ternyata ada dukanya juga lho....


Ketika musim hujan, orang-orang yang membeli semakin sedikit. Karena hawa yang dingin, orang-orang pun mencari makanan yang hangat...(Tidak seperti saya...Sudah hujan, makan es krim pula...)


Sekianlah pertanyaan dari saya...(Sangking bingungnya...)


Sebelum mengakhiri dialog ini...


"Pak, saya foto ya?"

"Difoto buat apa?"

"Buat dimasukkin di internet, Pak..."

"Ntar fotonya kebakar lho..."

"Enggaklah, Pak...Hehe..."

"1..2..3...Klik!"


Ini dia foto Pak Tono....


"Oke deh...Makasi banyak ya, Pak!"

~Linsy X1-16~

No comments: