Saturday, April 26, 2008

refleksi Jasinta X1-13


Dengan adanya tugas mewawancarai ini, Saya jadi lebih sadar akan pentingnya uang didalam kehidupan ini. Saya jadi merasa harus lebih bersyukur kepada Tuhan atas apa yang sudah saya dapatkan, seperti keluarga yang lengkap, dan perekonomian keluarga yang cukup.

Setelah selesai mewawancarai penjual bakmi goreng pinggir jalan yaitu bapak Udin beserta kedua saudaranya yaitu bapak Oong dan adiknya yang paling kecil yaitu Kiki, Saya jadi sangat mensyukuri kehidupan saya selama ini. Bayangkan saja, sejak usia belia seperti 13-14an tahun, mereka sudah harus berjualan ditempat itu. Dan hal itu dilakukannya dari pagi hingga sore hari, hal tersebut jelas2 menyatakan bahwa mereka tidak mendapatkan pendidikan yang seharusnya mereka dapatkan.

Kalau saya ingat-ingat, saya sering kali tidak menghargai uang dengan baik. Saya sering kali membeli barang yang tidak terlalu diperlukan, yang akhirnya tidak berguna secara maksimal dalam kehidupan saya, dan sedangkan kalau dipikir, mana mungkin bapak Udin dan saudara2nya bisa melakukan hal itu, karena untuk sekolah saja tidak bisa. Saya akan berusaha untuk menghilangkan kebiasaan saya itu, karena sekarang saya sudah menyadari betapa pentingnya uang dan saya juga sudah bisa sedikit merasakan bagaimana kehidupan orang yang tidak memiliki perekonomian yang cukup.

No comments: