Saturday, April 26, 2008

Refleksi Jane X1-12

Setelah wawancara dengan Pak Abun dan Pak Joko, saya jadi merasa bahwa selama ini saya masih belum benar-benar menyadari tentang kemiskinan. dan sekarang rasanya kami semua diajak untuk melihat sendiri kemiskinan yang ada di tempat2 sekitar kami. Karena kami sebagai anak SMA biasanya hanya melihat kehidupan di sekitar kami yang cenderung menengah keatas, dan jarang yang melihat golongan menengah kebawah. Dengan adanya tugas ini saya menjadi melihat sendiri kemiskinan yang terjadi di jakarta saat ini, dan saya merasa sangat malu karena selama ini saya hanya bisa mengeluh dan selalu meminta lebih. Setelah wawancara ini saya jadi merasa disadarkan bahwa kita tidak boleh hanya melihat ke atas tetapi kita harus melihat kebawah juga, karena bagaimanapu keadaan kita, pasti ada orang yang lebih dan kurang daripada kita.
Saya juga jadi lebih menghargai uang karena sekarang saya melihat betapa sulitnya mencari uang. Biasanya saya hanya meminta kepada orangtua tanpa memikirkan bagaimana orangtua susah payah mengumpulkan uang dan saya hanya dapat meminta dan ngambek. Sekarang saya berusaha untuk tidak terlalu banyak meminta hal-hal yang sebenarnya tidak penting. Dengan wawancara ini saya mendapat banyak hal positif yang berguna bagi saya.

No comments: